Senin, 01 Agustus 2011

PENDAHULUAN

PT. Kepurun Pawana Indonesia (PT. KPI) adalah badan usaha (perseroan) swasta nasional, afiliasi Yayasan Pendidikan & Kesejahteraan PT. PLN (PERSERO) yang berdiri pada tanggal 28 Oktober 1997 berdasarkan akte notaris H. Daliso Rudianto, SH, notaris dan PPAT di Yogyakarta, nomor : 22, tanggal 28 Oktober 1997.

PT. KPI bertempat dan berkedudukan di ds. Kepurun, kec. Manisrenggo, kab. Klaten, Jawa Tengah, bergerak menjalankan usaha dibidang Agribusiness dan Agroindustries yang meliputi usaha-usaha : Pertanian, Peternakan, Perikanan dan dalam operasi usahanya mengacu pada system dan manajemen agribusiness.

Berdirinya PT. KPI didasarkan pada pemikiran dan kenyataan potensi alam dan sumber daya manusia tanah air Indonesia yang begitu besar serta kondusif bagi usaha pertanian, peternakan dan perikanan, namun belum dikelola secara optimal; sehingga didirikannya PT. KPI disamping dimaksudkan untuk mengelola serta mengembangkan secara optimal potensi sumberdaya alam dan sumberdaya manusia Indonesia, melalui usaha-usaha : Pertanian, Peternakan dan Perikanan dengan mengacu pada system dan manajemen agribisnis yang baik dan benar yang akan memberikan hasil optimal demi kesejahteraan para stake holder : Konsumen, Customer, Karyawan, Pemegang Saham, Masyarakat, Bangsa dan Tanah Air Indonesia.

Nama PT. Kepurun Pawana Indonesia, merupakan gabungan dari 3 (tiga) kata yakni :
- Kepurun : Nama desa dimana kegiatan usaha PT. Kepurun Pawana Indonesia dipusatkan, terletak di lereng gunung Merapi dengan ketinggian 600 m dpl, termasuk wilayah kec. Manisrenggo, kab. Klaten, Jateng.
- Pawana : Kata dalam bahasa Sanskerta berarti angin.
- Indonesia : Negara, tanah tumpah darah tercinta.


Dengan menggabungkan ketiga kata tersebut menjadi Kepurun Pawana Indonesia, para penggagas dari Kepurun akan bertiup angin segar yang memberi harapan membangun kehidupan untuk masa depan yang lebih baik ke seluruh pelosok tanah air Indonesia.

PT. KPI merupakan realisasi peran PT. PLN (Persero) yang disamping sebagai Badan Usaha Milik Negara, dituntut meraih keuntungan bagi negara, namun juga harus menjalankan fungsi sosial yakni sebagai agen pembangunan.

PT. KPI merupakan badan usaha di bawah binaan PT. PLN (Persero) khususnya Yayasan Pendidikan dan Kesejahteraan (YPK) PT. PLN (Persero). PT. KPI, pada awalnya merupakan perusahaan yang dibentuk sebagai program kemitraan antara swasta dan BUMN (PT. PLN (Persero)) yang diperkuat melalui kerja sama dengan perguruan tinggi (UGM). Program-program usaha PT. KPI yang senantiasa berlandaskan hasil pengkajian teknologi yang dalam penerapannya diharapkan mampu menghasilkan produk-produk yang bermanfaat dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani dan peternak. Di masa datang diharapkan usaha PT. KPI dapat berkembang merambah sektor agribisnis dalam arti luas.

Unit Jasa Pelatihan merupakan ”ke-khas-an” PT. KPI. Unit Jasa Pelatihan berupaya melatih dan mengembangkan sumber daya manusia bagi para pengelola perusahaan maupun masyarakat luas khususnya di sektor agribisnis maupun di sektor yang lain. Hal ini dilakukan mengingat kualitas sumberdaya manusia di tanah air pada umumnya masih belum dapat diandalkan.

Dengan demikian, disamping menjalankan usaha-usaha yang profit oriented, PT. KPI juga memiliki komitmen untuk mengembangkan pengetahuan dan wawasan masyarakat luas di lapangan agribisnis. Sehingga maju dan berkembangnya PT. KPI juga berarti maju dan berkembangnya pengetahuan dan ekonomi masyarakat petani dan peternak.

Hingga saat ini PT. KPI telah menyelenggarakan pelatihan bagi masyarakat petani/peternak maupun calon purna karya/ purna tugas dari berbagai Instansi seperti PT. PLN (Persero), PT. Pembangkitan Jawa Bali (PT. PJB), PT. Indonesia Power, PT. Telkom DIVRE IV Jateng & DIY, PT. Pertamina, Dinas Peternakan Kab Gunungkidul DIY, BAPPEDA Kab Boyolali JATENG, dll.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar